Sabtu, 01 Januari 2011

SEJARAH PERKEMBANGAN TIK

    Teknologi Informasi adalah teknologi yang digunakan untuk mengolah data, mencari dan juga memproses suatu data untuk di ubah menjadi suatu informasi yang penting bagi kehidupan sehari-hari baik di bidang pendidikan, pribadi, bisnis, maupun pemerintahan.

  A.  Zaman Prasejarah






    Teknologi informasi sebenarnya sudah ada sejak zaman prasejarah, namun modelnya berbeda. Pada zaman dahulu lebih simpel dan tidak kompleks seperti zaman sekarang ini. Zaman prasejarah juga belum ada bahasa yang digunakan, sehingga pada zaman itu mereka masih menggunakan isyarat tangan maupun suara. Selain itu juga untuk menyampaikan informasi mereka menggunakan media dinding di gua. Mereka melukis di dinding gua untuk menceritakan bagaimana mereka berburu dan bagimana mendapatkan hasil buruan, juga dimana tempatnya.



   B. Zaman Sejarah



    Pada zaman ini umat manusia sudah mulai mengenal tulisan, hal ini dapat di lihat suadah mulai adanya prasasti yang berfungsi sebagai media informasi orang-orang zaman sejarah ini. Prasasti ini berfungsi sebagai petunjuk akan adanya peningalan-peninglan maupun kerajaan yang ada masa sejarah itu sendiri bagi umat manusia zaman sekarang ini.



Contoh alat komunikasai pada zaman sejarah :




1.Kentongan 


     2. Bedug



     3. Lonceng



   C. Modern






    Pada zaman modern ini telah ditemukan alat komunikasi yang lebih simple, mudah di pakai dan juga terjangkau oleh semuanya. Contohnya saja seperti komputer kita dapat menggunakan internet untuk dapat terhubung dengan siapapun di seluruh dunia.
    Sebelum menjadi komputer seperti sekarang ini, komputer juga memiliki bebrapa tahap. Dimulai dari generasi pertama komputer yang bernama ENIAC. 


Setelah kehadiran ENIAC lalu muncullah kehadiran komputer komersial pertama yang bernama UNIVAC, dan kemajuan industri komputer pertama di awali oleh IBM dan Sperry yang di gunakan untuk kepentingan sensus di AS pada tahun 1951 hingga 1963.
    Hingga sekarang komputer telah mencapai generasi ke 5, yang di mulai pada akhir tahun 1980. IBM mulai menjual PC secara massal yang pada tanggal 12 agustus menjadi standart komputer PC , hingga saat ini PC lebih dikenal dengan sebutan IBM-PC.


Saat ini PC maupun komputer akan selalu berkembang tidak akan berhenti untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang selalu tidak akan pernah puas akan sesuatu yang baru.





Referensi :

              http://www.docstoc.com/docs/9023769/Sejarah-Perkembangan-TIK


              (blog sendiri lainnya) 
              http://blog.its.ac.id/dhani










Tidak ada komentar:

Posting Komentar