Senin, 03 Januari 2011

UNSUR PEMBENTUK KOMUNIKASI DAN BAGAIMANA KOMUNIKASI EFEKTIF BISA TERJADI






Zaman sekarang ini sangat dibutuhkan kemahiran dalam berkomunikasi, karena untuk membentuk sebuah relasi yang baik di perlukan unsur dalam berkomunikasi.

Unsur-unsur dalam berkomunikasi sebagai berikut :

1. Komunikator   

    Pengirim(sender) yang memulai pesan kepada komunikan dengen media tertentu. Komunikator adalah unsur berpengaruh karena merupakan awal terjadinya suatu komunikasi(sumber).

        2. Komunikan

    Penerima(reciever) menerima pesan kemudian memahami dan menerjemahkan dan memberi respon dari komunikator.

           3. Media

    Saluran (channel) yang digunakan untuk menyampaikan pesan sebagai sarana berkomunikasi. Berupa bahasa verbal maupun non verbal, wujudnya berupa ucapan, tulisan, gambar, bahasa tubuh, bahasa mesin, sandi dan lain sebagainya.

         4. Pesan

    Isi komunikasi adalah pesan yang di berikan oleh komunikator kepada komunikan. Pesan sangat berpengaruh terhadap kesinambungan komunikasi.

         5. Tanggapan

    Merupakan dampak (effect) komunikasi sebagai respon atas penerimaan pesan. Diimplentasikan dalam bentuk umpan balik (feed back) atau tindakan sesuai dengan pesan yang diterima.


KOMUNIKASI EFEKTIF

    Komunikasi efektif adalah bentuk kolaborasi antara sisi-sisi positif komunikasi konteks tinggi dan komunikasi konteks rendah. Gaya komunikasi efektif lebih mencerminkan ketulusan, keterbukaan, kejernihan, keterus-terangan, kesederhanaan dan kesantunan dalam berbicara. Komunikasi konteks tinggi adalah komunikasi yang bersifat implisit dan ambigu, yang menuntut penerima pesan agar menafsirkannya sendiri. Sementara itu komunikasi tingkat rendah adalah komunikasi yang bersifat langsung, apa adanya, lugas tanpa berbelit-belit ngalor-ngidul. Karakter komunikasi semacam ini biasa terjadi di Barat, mereka sukanya to the point tidak suka basa-basi seperti orang Jawa.

    Langkah-langkah untuk terbentuknya sebuah komunikasi yang efektif :

1.    Memahami maksud dan tujuan berkomunikasi.
2.     Mengenali komunikan (audience).
3.     Berorientasi pada tema komunikasi.
4.     Menyampaikan pesan dengan jelas.
5.     Menggunakan alat bantu yang sesuai.
6.     Menjadi pendengar yang baik.
7.     Memusatkan perhatian.
8.     Menghindari terjadinya gangguan.
9.     Membuat suasana menyenangkan.
10. Memanfaatkan bahasa tubuh dengan      benar.

CARA MENKOMUNIKASIKAN IDE DI DEPAN KELAS



    Jika kita memiliki aspirasi ataupun ide-ide yang bermanfaat kita bisa berbagi kepada semua orang, namun cara mengkomunikasikan ide kepada orang-orang tidak bisa sembarangan. Untuk mengkomunikasikan ide kita harus memberikan dengan cara sesopan mungkin dan semenarik mungkin.

    Contohnya pada saat memberikan ide-ide ataupun hasil diskusi kita di depan kelas, agar semua orang dapat menyukainya kita bisa membuat di power point dengan semenaik mungkin dan mengunakan OHP di depan kelas dan juga cara kita menyampaikan harus semenarik mungkin.





Referensi :

1.     Materi Pelatihan Management Mesjid dan Organisasi Islam
3. http://blog.its.ac.id/dhani


Tidak ada komentar:

Posting Komentar